random post

Saturday, January 26, 2013

Rahasia Pengusaha Sukses

Di tengah geliat entrepreneurship di indonesia, ijinkan saya share sedikit tentang apa yang membuat seorang entrepreneur sukses dan melejit dengan bisnisnya. Ini hanyalah sepetik wawasan yang saya dapatkan dari pengalaman saya berinteraksi dengan beberapa pengusaha hebat yang menurut saya, mereka telah berhasil melalui kompetisi riil di “pasar”, dan telah “berdarah-darah” membangun dan menumbuhkan usaha mereka.
Dari apa yang saya dapat setidaknya ada tiga hal yang menunjang kesuksesan seorang pengusaha,
Pertama, pengusaha memiliki visi. Inilah yang membedakan pengusaha dengan pedagang. Tujuan pedagang cuma satu, yaitu cari untung. Sementara pengusaha, dia memiliki tujuan yang jauh lebih besar dari pada hanya sekedar untung. Seorang pengusaha punya visi untuk membesarkan usahanya, membangung tim sdmnya yang solid dan menyejahterakan mereka, dan visi-visi kemanusiaan lainnya.
Kedua, pengusaha harus cerdas. Jika ada ilmu yang mengatakan bahwa jadi pengusaha itu enak, bisa ongkang-ongkang kaki dan ga perlu pintar-pintar amat, ini ga sepenuhnya benar, alias separuh keliru. Memang benar modal utama pengusaha adalah nyali alias keberanian. Tapi, tentu saja tanpa kerja yang smart, seorang pengusaha akan sangat rentan dikibuli oleh bawahannya.
Ketiga, pengusaha bekerja dengan cara “berlari”. Ini yang disebut dengan one step ahead. Sekali lagi, ini mematahkan mitos bahwa jadi pengusaha itu enak, bisa santai ongkang-ongkang kaki, sementara karyawannya kerja. Tentu saja, untuk mencapai sukses seorang pengusaha harus berlari, dia bekerja cepat. Karena dalam bisnis, kompetisi dimenangkan bukan oleh yang paling hebat, tapi yang lebih cepat.
Itulah tiga hal yang saya dapatkan tentang pengusaha, semoga bermanfaat.

https://irvanrachmawan.wordpress.com/2012/04/

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes