random post

Sunday, May 19, 2013

Perbedaan print () dengan echo () di PHP

Teknik dasar pemograman PHP meliputi penulisan sintaks, deklarasi variabel, pembuatan fungsi user-defined (UDF) dan penggunaan fungsi-fungsi dasar. Tidak bisa dipungkiri, konsep-konsep ni merupakan salah satu kunci yang mendasari kesuksesan pengembangan aplikasi PHP. 

MENCETAK OUTPUT

PHP menyediakan beberapa fungsi string untuk mencetak output ke browser, dua diantaranya yang sering digunakan adalah print ( ) dan echo ( ). Kedua fungsi string ini sebenarnya bukan fungsi rill, tetapi suatu konstruksi bahasa. Meskipun secara garis besar kedua fungsi tersebuat memiliki tujuan sama akan tetapi ada perbedaan esensial yang perlu diperhatikan.
Fungsi print ( ) berperilaku seperti fungsi pada umumnya dan memiliki nilai kembalian (return value) berupa integer 1. Dengan demikian print ( ) dapat digunakan sebagai bagian dari ekspresi yang lebih kompleks. Sementara itu echo ( ) mampu menerima lebih dari satu parameter sekaligus dan tidak memiliki nilai kembalian.

print 'string 1';
echo 'string 1';
// menggunakan beberapa parameter
echo 'string 1', 'string 2', ' ......';

Fungsi echo ( ) akan dieksekusi lebih cepat dibandingkan dengan print ( ), perbedaan ini disebabkan fungsi print ( ) akan mengembalikan status integer yang menyatakan apakah proses berhasil dilaksanakan atau tidak.
Disisi lain echo ( ) hanya menampilkan output saja dan tidak mengerjakan hal lainnya. Adapun dalam implementasinya status nilai kembalian dari penggunaan fungsi string hampir tidak pernah diperlukan.

1 comments:

Yepta Sangka said...

oh gitu.. makasih

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes